Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang [Purwakarta Tourism]

Pariwisata, Jatiluhuronline.com - Selain menyuguhkan wisata heritage, budaya dan kuliner, Purwakarta juga menawarkan wisata outdoor. Jika Sahabat Purwakarta senang berkegiatan di alam terbuka, maka Gunung Parang dapat menjadi sarana untuk bertualang.


Gunung Parang berlokasi di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tempat ini berdekatan dengan Waduk Jatiluhur. Gunung Parang merupakan gunung batu andesit yang mempunyai titik kulminasi 963 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terdiri dari tiga puncak yang masing-masing memiliki perbedaan ketinggian. Medan vertikalnya seolah menantang para pemanjat (baik dari dalam maupun luar negeri) untuk turut merasakan rock climbing di Gunung Parang.

Adalah Kampung Badega Gunung Parang yang didaulat menjadi perkampungan yang mengakomodir kebutuhan para pemanjat tebing, sekaligus menjadi akses untuk memulai pemanjatan. Kampung ini diresmikan pada 17 Desember 2013 oleh Kang Dedi Mulyadi, selaku bupati Purwakarta. Nama ‘Badega’ sendiri berarti ‘penjaga’. Karena ingin memperkenalkan konsep fun climbing untuk semua kalangan, kini Gunung Parang juga sudah dilengkapi dengan jalur via ferrata sebagai alternatif trekking +climbing. Keamanan tentu menjadi hal penting. Sling dan carabiner tetap dipersiapkan sebelum Sahabat Purwakarta memulai pemanjatan. Selain itu, Badega Parang yang berkonsep ‘Sunda’ juga diharapkan mampu menaikkan kembali kebudayaan Sunda. 

Kurang berminat dengan kegiatan panjat tebing? Jangan khawatir, Gunung Parang pun menawarkan jalur pendakian yang terbilang menantang. Meski tidak setinggi kebanyakan gunung di pulau Jawa, namun tingkat kesukaran pendakian Gunung Parang tidak bisa diremehkan. Sejak memasuki batas hutan, Sahabat Purwakarta akan terus menemui jalur bebatuan terjal. Tak jarang Sahabat Purwakarta harus merasakan lutut menempel dengan dada kala mendaki. Maka dari itu, bawalah air minum ekstra dan persiapkan fisik, alat-alat pendakian, juga mental sebaik mungkin.

Apakah pemandangannya sepadan dengan tingkat kesulitan pendakiannya? Tentu saja. Saat tiba di Puncak Gunung Parang, Sahabat Purwakarta akan disuguhi dengan pemandangan Waduk Jatiluhur, hamparan pegunungan, lampu-lampu kota, juga sawah-sawah yang luas menghijau. Jadi, siapkan tendamu, dan rasakan hangatnya secangkir persahabatan di tengah desau angin dan langit penuh gemintang Gunung Parang. (Purwakarta Tourism)

Puncak gunung lembu malam hari

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Gunung Parang Purwakarta"

Posting Komentar