Peningkatan Mutu Pendidikan di Purwakarta, Menghadirkan Narasumber dari Finlandia

Program Student Center, menjadi solusi peningkatan mutu pendidikan di Purwakarta. (dns)
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Program Student Center yang diadakan oleh Yayasan  Mutiara Insani Purwakarta menghadirkan narasumber dari Finlandia, tujuannya membantu meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Purwakarta.

Ketua Yayasan  IKDE Sekolah Mutiara Insani, R Adi Yunadi, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta membuat inovasi dalam meningkatkan metode pembelajaran guru dalam mendidik murid ke arah yang lebih baik lagi. 

Kegiatan Student Center ini dilaksanakan selama 5 hari, di mulai dari tanggal 5 - 9 Nopember 2018.  Tiga hari pertama dilaksanakan dan diadakan di Hotel Harper Cibening Purwakarta, hari ke empat dan ke lima dilaksanakan di pusat Pemerintahan Daerah Purwakarta bertempat di Aula Janaka dan diikuti oleh seluruh guru PAUD, TK dan Sekolah Dasar se-Kabupaten Purwakarta.

Student Center ini berpusat pada kompetensi anak, sehingga para pendidik harus bisa mengarahkan anak-anaknya sesuai dengan kemampuan dan keinginan positif yang dimiliki oleh masing-masing anak, memberikan kebebasan terarah dan memahami apa yang dibutuhkan anak.

"Cara belajar Student Center adalah kebalikan dari guru memberikan tugas PR. Anak - anak diberikan kebebasan, guru sendiri harus mengerti apa yang dibutuhkan anak, dan bagaimana  cara mendidik anak ini" ungkapnya Adi. Kamis (8/10).

"Kesulitan yang dihadapi saat ini, dari berbagai macam masalah yang timbul dari rumah maupun di sekolah, seperti memberikan tugas PR yang sangat banyak, sehingga anak datang ke sekolah tidak dalam kondisi Fresh, akhirnya anak-anak itu menjadi jenuh, murung, tidak semangat. Oleh karena itu, kita coba merubah cara mendidik anak ini, bagaimana keinginan si anak, dengan tujuan tentunya menuju kepada yang lebih baik lagi" tegas Adi.

Sementara itu, Yayasan Mutiara Insani Purwakarta sudah menyerap hampir 20 persen anak yang tidak mampu, biaya pendidikan mereka semua ditanggung oleh Yayasan ini, dan mereka cukup terbantu dan berprestasi. Adi berharap Student Center ini dapat mewujudkan pendidikan yang bermutu, berkualitas dan bermanfaat untuk anak-anak serta semua pengajar yang ada di Purwakarta.

"Harapan dengan adanya kegitan ini,  sistem pendidikan di Purwakarta akan banyak perubahan dari cara mendidik,  dan diharapkan bermuara kepada anak, menjadi Student Center seperti yang diterapkan di Negara Finlandia" pungkas Adi. (*/M)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close