Purwakarta krisis air, ini kata PDAM

Sartika Tirta Dewi, Kabag Umum dan SDM Gapura Tirta Rahayu
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Kemarau yang berkepanjangan menjadi permasalahan bagi seluruh mahluk, lain halnya dengan kemarau yang sekarang, di beberapa tempat Kabupaten Purwakarta mulai kekurangan air sangat terasa sekali, walau musim penghujan mulai datang di beberapa tempat yang menjadi pelaggan air PDAM, air yang dibutuhkan oleh pelanggan jauh lebih besar dari persedian air yang dikelola oleh BUMD PDAM Gapura Tirta Rahayu Kabupaten Purwakarta. 

Direk. PDAM Kabupaten Purwakarta mengatakan, sumber air yang ditampung di Waduk Jatiluhur adalah dari aliran sungai Citarum yang hulu sungainya berada di Kabupaten Bandung. Air tidak bisa langsung mengalir sepenuhnya ke Waduk Jatiluhur karena masih tertahan di Waduk Saguling dan Waduk Cirata. 

"Kondisi sekarang air yang masuk waduk jatiluhur tidak sebanding dengan yang keluar untuk keperluan operasional turbin pembangkit listrik dan sumber air bersih untuk Kabupaten Karawang, Bekasi dan Jakarta. Mohon do'a nya semoga bisa segera normal kembali" ungkapnya saat ditemui awak media di tempat tugasnya. Selasa, (13/11/18).

Kesulitan air ini, dibeberapa tempat mulai terasa, dari dataran yang lebih tinggi. Air mengalir harus bergantian dengan tempat lain.

Kabag. Umum dan SDM, Sartika Tirta Dewi melalui Kabag. Transmisi Mulyanto, membenarkan adanya kekurangan air melalui saluran PDAM Gapura Tirta Rahayu, tetapi itu terjadi di daerah yang datarannya lebih tinggi. Kemudian agar seluruh pelanggan mendapatkan pelayanan maksimal, pihaknya melakukan pembagian air, dengan cara melakukan pemberian air langsung melalui tangki-tangki kendaraan yang disediakan oleh PADM.

Dikatakan pula, bahwa salah satu faktor penyebab kekurangan air ini karena faktor alam, sehingga menyebabkan volume debit air belum normal meskipun musim penghujan sudah tiba.

"Volume dan debit air walau musim hujan telah ada, tetapi pengambilan air yang bersumber dari Waduk Jatiluhur masih belum bisa normal. Faktor alam yang sangat menentukan sekali dengan keberadaan air yang dikelola PDAM Gapura Tirta Rahayu Purwakarta" ucap Kabag Transmisi Mulyanto. (****/MH) - sumber : zuritnews

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close