Prioritas Pembangunan Kabupaten Purwakarta 5 Tahun Kedepan

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pada musyawarah rencana pembangunan daerah (RPJMD), Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika menyampaiakn prioritas kinerja pemerintah daerah Purwakarta 5 tahun kedepan di depan jajaran perangkat daerah Purwakarta, di Bale Yudhistira. Rabu, (26/12/2018).

Hj. Anne Ratna Mustika atau biasa disapa Ambu Anne, menyampaikan bahwa prioritas kesejahteraan rakyat, penuntasan kemiskinan dan pelayanan masyarakat menjadi bagian titik fokus dalam proses realisasi pembangunan daerah selama 5 tahun kedepan.
‘’Dimulai dari fokus kesejahteraan masyarakat dan penuntasan kemiskinan, serta pelayanan masyarakat merupakan PR besar dalam 5 tahun kedepan,” Ujar Anne. 

Kemudian, pendidikan karakter yang sudah dibangun serta pendalaman kitab agama di sekolah-sekolah terus ditingkatkan. Setelah itu, peningkatan pola kesehatan para pelajar menjadi fokus penanganan masalah stunting yang terjadi di Purwakarta saat ini, dengan cara memberikan pelayanan gizi terbaik dan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada ibu hamil.

Ia pun berpesan kepada jajaran pemerintahan daerah untuk tetap solid, membangun Purwakarta dengan melayani masyarakat sebaik-baiknya.

“Dan juga kepada para Stakeholder terkait juga OPD yang hadir untuk terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam melayani masyarakat, hal ini kita harus selalu berjalan berdampingan dengan solid guna meningkatnya tata kelola kepemerintahan yang baik bersih dan profesional," katanya.

Selain itu, dalam rangka mewujudkan Purwakarta Istimewa selama 5 tahun kedepan, ia akan berupaya meningkatkan dibidang infrastruktur terutama di daerah yang belum tercapai pembangunannya, kemudian di bidang pariwisata, Ambu menginginkan adanya pengembangan pariwisata berkelanjutan kedepanya. 

“Nanti pada tahun 2019, kita akan mempunyai pariwisata baru yakni Tajug Gede Cilodong. Tempat ini nantinya akan menjadi pusat wisata edukasi dan halal selain Masjid Baing Yusuf,’’ katanya.

Untuk sektor ekonomi, Ambu mengutarakan akan adanya pengembangan usaha berbasis desa. Pihaknya berfokus kepada jaringan ekonomi mikro kemasyarakatan, melalui UMKM di setiap desa.

“ya untuk kedepanya, pembinaan masyarakat melalui Galeri Ambu yang bergerak dibidang UMKM di setiap desa. Akan terus mendorong masyarakat desa melalui berbagai inovasi dan kreasi dan juga membantu penjualanya melalui Galeri Menong,” Pungkasnya. (***/MM)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER