Pemkab Purwakarta Terus Kembangkan Aplikasi Berbasis IT

Purwakarta, Jatiluhuronline.com – Upaya peningkatan pelayanan untuk masyarakat Purwakarta terus ditingkatkan oleh Pemkab Purwakarta, diantaranya setiap OPD bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah diluncurkan Pemerintah Daerah. 

"Kita terus dorong agar beberapa OPD untuk berakselerasi dalam memanfaatkan aplikasi yang sudah dibangun terutama dalam hal pelayanan," ungkap Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Diskominfo Purwakarta, Yus Rusli, Di Kantor Aptika, Purwakarta, Jumat (11/1/2019). 

Yus mengatakan, saat ini pemerintah Daerah sudah meluncurkan bebrbagai macam aplikasi yang bisa membantu pelayanan bagi publik, terutama warga Purwakarta yang dianggap bisa lebih efektif. 

"Lebih bagus kan banyak aplikasi tapi efektif dipakai dalam segi peningkatan pelayanan, dari pada satu apliaksi tetapi tidak efektif, apalagi Purwakarta bisa dikatakan termasuk kabupaten terdepan untuk hal ini," katanya. 

Untuk tahun 2019, pihaknya akan terus mendorong OPD untuk memanfaatkan aplikasi tersebut sebaik-baiknya, juga melakukan sosialisasi aplikasi yang sudah dibangun. Diantara apliasi yang sudah diluncurkan oleh Pemerintah Daerah, yaitu Ogan lopian, Call Center, Sampurasun Anne dan lainnya. 

"Untuk sekarang kita fokuskan sosialisasi agar masyarakat tahu bahwa pemerintah memiliki aplikasi yang bisa membantu dan dimanfaatkan terutama dari segi pelayanan, termasuk mendorong aktifitas dan produktifitas masyarakat," ungkapnya. 

Yus pun menjelaskan, bahwa saat ini aplikasi berbasis pelaporan terus mendapatkan respon serta dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya untuk Call Center dan Ogan, dari aplikasi tersebut yang paling banyak permintaan dari masyarakat yaitu pengadaan Ambulance on Call. 

"Masyarakat sudah banyak memanfaatkan, untuk call center 112 data permohonan layanan adalah permohonan ambulance on call, kedepan aplikasi seperti ini bisa menjadi budaya masyarakat dalam mendapatkan pelayanan," katanya. 

Selain itu, Pemkab Purwakarta terus meningkatkan alat CCTV di sebagian titik wilayah Purwakarta, khususnya di ruas jalan di perkotaan Purwakarta. 

CCTV yang terpasang di Purwakarta langsung terintegrasi dengan Ogan Lopian, dengan pemantauan langsung dari Diskominfo Purwakarta. Bahkan masyarakat bisa meminta bukti rekaman apabila terjadi insiden atau kejadian sesuai prosedur. 

"Bisa meminta bukti rekaman tetapi sesuai prosedur yang berlaku ya," ujar Suhandi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Purwakarta. (Diskominfo/Jo)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER