Kendala Fasilitas Komputer, Kadisdik Purwakarta Optimis UNBK Sukses

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta yakin Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Purwakarta bisa berjalan dengan baik.

Kadisdik Purwakarta, H. Purwanto, M.Pd menyatakan, untuk pelaksanaan UNBK di Kabupaten Purwakarta baru mencapai 81 persen, meskipun demikian, pihaknya terus mempersiapkan agar pelaksanaan UNBK bisa berjalan dengan baik.

Ia pun mengatakan, proses pelaksanaan UNBK tersebut merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu pihaknya mengharapkan dukungan dari semua stakeholder. 

"Bukan saja hanya pemerintah pusat. Provinsi dan kabupaten mesti turut andil dan bertanggung jawab. Partisipasi dan dukungan semua kalangan, semua stakeholder akan sangat kami nantikan, karena tanggung jawab bersama," kata Purwanto di Purwakarta, Selasa (19/2/2019).

Adapun kendala yang dihadapi saat ini, kata Purwanto, adalah masalah sarana dan prasarana, terutama fasilitas komputer di sekolah. Akan tetapi seiring waktu dirinya yakin UNBK bisa berjalan dengan baik.

"Walaupun tahun ini belum 100 persen, Kami optimis pelaksanaan UNBK SMP di Purwakarta bisa berjalan, 2020 nanti bisa 100 persen. Kami minta dukungan semua pihak. Ini demi kebaikan anak didik di masa depan," ungkapnya.

Sementara itu, setidaknya ada 110 SMP baik negeri maupun swasta yang berstatus sebagai sekolah penyelenggara ujian di Purwakarta. Dari jumlah sebanyak itu, sekolah penyelenggara UNBK sebanyak 89 sekolah. 

SMP negeri sebanyak 67 sekolah dan SMP swasta sebanyak 22 sekolah. Dan sekolah SMP yang menyelenggarakan ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) sebanyak 21 SMP negeri.
Selain itu, mata pelajaran yang di-UNBK-kan antara lain Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Sisanya mata pelajaran ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

Untuk pelaksanaan UNBK dilaksanakan pada 22-25 April 2019, dibagi ke dalam tiga season. Sesi pertama dilakukan pukul 7.30 - 9.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30 - 12.30 WIB dan sesi ketiga pukul 14.00 - 16.00 WIB. Dalam UNBK, 20 komputer bisa dipakai oleh 60 siswa. (MM)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER