Lestarikan Tanaman Bambu, Pemkab Purwakarta Bakal Menggelar Festival Bambu

Rumah Pohon dari Bambu -
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Festival bambu yang akan digelar Pemerintah Kabupaten Purwakarta dipastikan akan ramai pengunjung. Pasalnya, 20 peserta se-Jawa Barat akan mengikuti festival ini. Untuk Purwakarta, akan diwakili oleh perajin miniatur perahu dan perajin alat musik dari bambu.

Tujuan dari Festival Bambu ini, untuk melestarikan tanaman bambu yang memiliki nilai ekonomis dan tidak tergerus perkembangan zaman.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, mengatakan, festival bambu akan digelar pada tanggal 28 April 2019 mendatang.

Heri pun mengatakan, bambu merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Namun, pemanfaatannya masih belum maksimal. Karena itu, pihaknya berharap potensi dari tanaman bambu ini bisa dikembangkan kembali.

"Kita ingin, bambu tetap lestari. Namun, bisa bernilai ekonomis, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Heri, kepada awak media, Selasa (23/4/2019).

Selain itu, manfaat pohon bambu ini bisa menjadi nilai kreatifitas bagi masyarakat untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan, bahkan bisa mendongkrak pariwisata. Karena itu, festival ini diharapkan mampu mengubah cara pandang masyarakat terhadap tanaman bambu.

Bagi masyarakat Jawa Barat, pohon bambu ini sudah tak asing lagi, bahkan saking terikatnya dengan tanaman ini, masyarakat sudah terbiasa mengonsumsi tunas bambu yang masih muda atau disebut sayuran rebung.

Karenanya, pada akhir pekan ini akan digelar festival bambu yang lokasinya di Taman Pasanggrahan Padjajara Anyar atau Alun-alun Purwakarta. Para pengunjung, bisa melihat berbagai macam hasil kerajinan dan alat permainan dari pohon bambu. 

"Permainan ini, tentunya ramah lingkungan dan ramah anak," ujarnya. (rol/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads