Memprihatinkan, Bayi di Purwakarta Diduga Dibuang Orang Tuanya, Ini Kata KPAI

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Bayi laki-laki yang diduga baru dilahirkan dan dibuang orang tuanya ditemukan tergeletak di kebun kosong Desa Mulyamekar, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, Senin (8/4/2019).

Bayi yang diperkirakan berusia 5 bulan itu ditemukan warga setempat saat hendak membuang sampah di sekitar pohon nangka.

Kasat Reskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardiana, membenarkan adanya kejadian temuan bayi tersebut yang ari-arinya masih menempel di tubuhnya.

"Bayi tersebut ditemukan oleh saksi yang hendak membuang sampah di sekitar rumahnya. Ari-arinya masih menyatu dengan bayi," kata Handreas.

Berdsarkan keterangan saksi yang menemukan bayi itu masih memerah dan masih bernafas. Kemudian, bayi malang itu di bawa ke RS. Asri Purwakarta. Namun tidak lama kemudian bayi tersebut dirujuk ke RSUD Bayu Asih untuk ditindak lanjut.

"Saat penanganan tim medis, korban bayi laki-laki telah dinyatakan meninggal dunia," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPAI Purwakarta, Nur Aisah Jamil menanggapi terkait adanya bayi yang dibuang tersebut, menurutnya hal itu akibat sikap orang tua yang tidak bertanggungjawab dalam membesarkan anak.

"Semua pihak harus bisa menjadi penyeimbang, bahwa membesarkan anak itu adalah ibadah. Apapun kondisinya, anak perlu mendapat hak dan perlindungan dari orang dewasa," kata Nur Aisah.

Ia pun mengatakan, orang tua yang membesarkan anak, sering kali tidak stabil karena faktor ekonomi atau daya dukungan keluarga.

Upaya yang harus dilakukan, menurut Nur Aisah, orang tua serta elemen masyarakat harus memahami tentang berkeluarga pra nikah atau pasutri.

"Bisa juga penguatan mental dari para pemuka agama, dukungan dari keluarga dekat, dan hubungan sosial harus ditingkatkan karena faktor ekonomi bisa jadi pemicu utama," ujarnya. (AB)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER