Ribuan Segel Logistik KPU Rusak, Bawaslu Purwakarta Minta Ganti Segel Baru

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purwakarta temukan ribuan segel logistik KPU di Purwakarta rusak. 

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta, Oyang E. Binos mengatakan, segel KPU itu kualitasnya sangat jelek. Hal itu diketahui saat petugas KPU melakukan pengepakan logistik pemilu, segel yang berlogo KPU itu saat direkatkan malah robek.

"Kasus ini, kita temukan di Kecamatan Babakan Cikao dan Plered," ujar Oyang, Senin (1/4/2019).

Seharusnya, lanjut Binos, segel itu kuat, tahan lama dan tidak mudah robek (rusak) saat direkatkan. Karena segel KPU itu merupakan bagian terpenting dalam proses pemungutan suara, dan itu sudah tertera pada UU No 7/2017.

Binos merekomendasikan, ribuan segel tersebut supaya diganti dengan segel yang baru dan kualitasnya jauh lebih baik, karena segel yang berkualitas baik juga berfungsi untuk menjaga keamanan, kerahasiaan, dan kelancaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. 

Pihaknya juga turut mengamati, mengkaji, memeriksa dan menilai proses penyelenggaraan Pemilu. Khususnya, di wilayah Kabupaten Purwakarta sesuai peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, secara terpisah Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman mengatakan, logistik untuk Pemilu 17 April ini, seluruh pengadaannya dari KPU pusat, termasuk segel ini yang sifatnya sekali pakai. Serta, bahannya juga kualitas bagus. Karena, segel ini berbeda dengan poster ataupun stiker.

"Jadi, jika ditemukan ada segel yang rusak, disinyalir petugas yang melakukan pengepakan logistik, tidak berhati-hati. Sehingga, segelnya jadi rusak," ujar Ahmad.

Karena itu, pihaknya meminta petugas yang sedang mengemas logistik pemilu, supaya lebih berhati-hati lagi. Kalaupun segel logistik itu sudah kadung rusak, pihaknya akan segera melaporkan ke KPU pusat. Serta, meminta lagi segel yang baru. (rol/jto/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER