Tahun ini, 118 Guru Masuk Masa Pensiun, Disdik Purwakarta Siapkan Formasi Baru

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta -
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Tahun ini, sejumlah 118 guru yang mengajar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta sudah masuk masa pensiun. 

Sebagian besar guru yang akan pensiun di tahun ini, mereka yang mengajar di sekolah-sekolah inpress untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Tercatat ada 118 guru yang pensiun. Sebagian besarnya, merupakan guru inpres," ujar Purwanto. Kamis (11/4/2019).

Untuk itu, sebagai antisipasi mengalami gelombang pensiun guru sampai 2020 yang akan datang, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, tengah merancang formasi baru untuk mengisi kekosongan guru di sekolah inpres ataupun umum itu.

Menurut Purwanto, jumlah guru yang akan pensiun di tahun 2019 ini cukup tinggi, dan hingga tahun 2020 nanti Disdik Purwakarta mencatat ada sekitar 319 guru yang akan masuk masa pensiun.

"Dari catatan kami, sampai 2020 mendatang guru yang pensiun mencapai 319 orang. Ini, merupakan gelombang pensiun yang cukup besar. Jadi, imbasnya pasti kita kekurangan guru ASN," katanya.

Ia pun mengatakan, antisipasi kekurangan guru ASN, yang berjumlah sekitar 1.800 lagi, pihaknya akan memaksimalkan pemanaatan guru honorer. 

"Kalau mengandalkan atau menunggu guru ASN, kita pasti keteteran. Rekrutmen CPNS jumlahnya tidak bisa mencukupi dalam waktu singkat," jelasnya.

Sementara itu, untuk formasi CPNS di tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pendidikan hanya mendapat kuota sebanyak 213 orang, dan untuk kekurangannya masih tetap diisi dan mengandalkan guru honorer. (disdikpwk/FH) 

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER