Hasil Pilpres 2019 di Purwakarta, Prabowo-Sandi Kalahkan Jokowi-Maruf

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Rekapitulasi Pemilu serentak 2019 sudah dituntaskan KPU Purwakarta selama 2 hari, sejak Selasa (30/4) sampai Rabu malam (1/5), untuk hasil hitungan suara Pilpres nampaknya didominasi oleh pasangan Capres 02.

Secara tertulis, Capres 02 unggul dalam perolehan suara di Purwakarta dengan jumlah suara sebanyak 406.988.

Sementara untuk pasangan Capres 01 Jokowi-Maruf mendapat suara sebesar 155.863. Total surat suara yang masuk berjumlah 579.900.  Dari jumlah tersebut, sebanyak 562.851 suara dinyatakan sah, dan sisanya 17.049 suara tidak sah.

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman, mengatakan, proses rekapitulasi di kabupaten Purwakarta sudah selesai dan telah dikirim ke KPU provinsi. 

"Rekapnya sudah beres di tingkat kabupaten," ujar Ahmad, kepada sejumlah media, Kamis (2/5/2019).

Ikhsan pun menyampaikan, bahwa masyarakat Purwakarta cukup tinggi dalam memberikan partisipasi pada pemilu, bahkan ada kenaikan dibanding saat Pilgub Jabar 2018. Hal ini, menunjukan kesadaran warga Purwakarta akan berdemokrasi mengalami kemajuan.

Sementara itu, memasuki tahapan penyelesaian sengketa hasil pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten yang jadwalnya masih dalam pembahasan.

Kemudian, tanggal 23 Mei sampai 15 Juni 2019, ada tahapan penyelesaian sengketa hasil pemilu presiden dan wakil presiden, untuk Purwakarta, tidak terdapat laporan yang masuk untuk sengketa Pilpres.

Tahapan berikutnya, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih. Tanpa permohonan perselisihan hasil pemilu. Jadwal untuk agenda ini, menyusul.

"Setelah itu, paling lama setelah tiga hari setelah ada penetapan putusan MK tentang perselisihan dibacakan. Masuk pada tahapan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih pasca putusan MK," ujarnya.

Kemudian, peresmiaan anggota legislatif terpilih dijadwalkan pada bulan Juli sampai September 2019, dan untuk pengucapan sumpah dan janji para kandidat yang terpilih diagendakan antara bulan Agustus-Oktober 2019. (rol/jto/ab)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER