Miris, Pengidap AIDS di Purwakarta Mengalami Peningkatan

PURWAKARTA, JATILUHURONLINE.COM - Tahun ini, puluhan kasus penderita HIV/AIDS di Purwakarta alami peningkatan, dari sejak bulan Januari hingga Juni 2019 tercatat ada 58 kasus.

Dinas Kesehatan Purwakarta melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Meisera Pramayanti, mengatakan 58 penderita AIDS/HIV ini merupakan jumlah terbaru yang terdata di instansinya. 

Dengan demikian, warga Purwakarta yang positif mengidap penyakit AIDS/HIV seluruhnya tercatat sebanyak 632 orang.

"Mayoritas penderita HIV/AIDS ini merupakan usia produktif. Di kisaran 16 sampai 30 tahun," ujar Meisera, Jumat (21/6).

Sebagai antisipasi penyebaran penyakit tersebut, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada warga khususnya generasi muda. Tujuannya supaya mereka bisa terhindar dari penyakit AIDS/HIV yang sangat mematikan itu.

Jika warga sudah positif terinfeksi, kata Merisera, maka mereka seumur hidupnya harus bergantung pada obat, dan juga tidak bisa beraktivitas secara optimal.

"Jika mereka yang usia produktif sakit, lalu bagaimana pergerakan perekonomian kita. Makanya kita mengupayakan untuk meminimalisasi penyebaran penyakit ini," ujar Meisera.

Untuk itu, Dinkes Purwakarta menghimbau kepada seluruh masyarakat Purwakarta untuk tidak melakukan perilaku seks yang menyimpang. Sebab, salah satu penyebab tersebarnya HIV/AIDS karena perilaku tersebut. (rol/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER