Antisipasi di Musim Kemarau, Pemkab Purwakarta Berencana Manfaatkan Bekas Galian C

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melalui Dinas Pertanian dan Pangan berencana menjadikan areal bekas galian C sebagai sumber air untuk mengairi sawah yang mengalami kekeringan pada musim kemarau.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Agus Rachlan Suherlan, mengatakan, untuk mengantisipasi kekeringan areal persawahan, maka perlu memanfaatkan areal bekas galian C dijadikan sumber air, terutama untuk sawah tadah hujan.

"Lebih baik kita manfaatkan saja lahan bekas galian C sebagai sumber air alternatif untuk mengairi areal sawah," katanya.

Suherlan mengaku untuk lahan bekas galian C itu ada yang milik perusahaan dan perseorangan. Untuk itu, pihaknya memungkinkan jika pemanfaatan lahan bekas galian C menjadi sumber air untuk mengairi areal sawah di musim kemarau menjadi program khusus pemerintah.

"Lahan bekas galian C yang berupa kubangan itu sendiri bentuknya seperti embung. Jadi sudah cocok dimanfaatkan sumber air untuk areal sawah saat musim kemarau," ujarnya.

Sementara itu, sesuai dengan data Dinas Pertanian dan Pangan Purwakarta area persawahan yang berpotensi kekeringan pada musim kemarau tahun ini mencapai 1.500 hektare dan yang bisa siselamatkan sekitar 500 hektare.

Sebagai antisipasi kekeringan, Dinas Pertanian dan Pangan Purwakarta sudah menyiapkan pompa air dan kini telah didistribusikan kepada petani. (ant/jto/ab)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER