Pasca Kasus Pengibaran Bendera HTI, ini Sikap Bupati Anne Jika ASN Terlibat Organisasi Terlarang

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Setelah adanya kasus pengibaran bendera HTI pada acara Dzikir Bersama di Masjid Agung Purwakarta, Bupati Purwakarta berikan lampu kuning kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat menjadi bagian dari organisasi terlarang dan dinilai radikal.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku tegas terhadap ASN di lingkungan Pemkab Purwakarta yang jika terbukti pegawainya menjadi anggota organisasi terlarang di Indonesia.

Bahkan, Bupati mantan mojang Purwakarta itu menegaskan tidak akan mendapatkan promosi jabatan bagi pegawai Pemkab Purwakarta yang terlibat dengan organisasi yang berseberangan dengan Pancasila.

“Sejak awal memimpin saya komitmen bahwa tak ada tempat bagi ASN yang menjadi anggota organisasi yang berseberangan dengan pancasila, bahkan tidak akan mendapatkan promosi jabatan,” tegas Anne ketika di Purwakarta, Rabu (31/7/2019).

Anne pun memasukan wawasan kebangsaan dan nilai Pancasila sebagai salah satu persyaratan wajib aturan open bidding jabatan.

Hal itu merupakan bentuk komitmen dan kewajiban bagi setiap ASN yang akan maju dalam promosi jabatannya.

“Syarat utamanya yang saya masukan itu wawasan kebangsaan dan mengerti serta paham akan nilai – nilai pancasila,” jelasnya.

Upaya yang dilakukan Pemkab Purwakarta dalam mencegah paham yang dinilai radikal, ia mengaku akan melakukan penguatan diberbagai sektor diantaranya pendidikan, serta meminta instansi terkait untuk menjelaskan pentingnya nilai pancasila sebagai dasar negara.

“Akan melakukan langkah yaitu memperkuat regulasi di bidang pendidikan. Di mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, kemudian untuk pemukiman wilayah Kabupaten Purwakarta,” kata Anne.

Selain di sektor pendidikan, pemahaman nilai-nilai Pancasila akan difokuskan di lingkungan industri, menurutnya sektor ini paling mudah dimasuki terlebih adanya para pendatang, sehingga pengawasan sangat perlu dilakukan dan diperketat. (gj/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER