Diduga Tak Kuat Menahan Beban, Proyek RKB SDN 1 Cileunca Ambruk

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Proyek pembangunan atap bangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SDN 1 Cileunca Kecamatan Bojong ambruk. Ambruknya atap itu diduga akibat rangka baja ringan terlalu berat menahan beban setelah di pasang genteng, selain itu faktor lainnya akibat adanya angin kencang dilokasi tersebut. Senin (16/09/19) .

Kepala SDN 1 Cilenca H. N. Sutisna mengatakan, ambruknya ruang kelas tersebut akibat baja jaringan yang tidak kuat menahan beban genteng.

"Seharusnya genteng yang dari seng, atau genteng metal, namun kan harus sesuai RAB, harus genteng Pres, kemudian saat terjadi di area sekolah ada angin kencang," ujar Sutisna.

Padahal, kata Sutisna, pekerjaan kontruksi bangunan tersebut sejak awal sampai dengan pemasangan selalu diawasi konsultan dan di Acc juga oleh Dinas terkait.

"Berbicara salah atau lalai bukan menyudutkan pihak lain, akan tetapi terbukti yaitu akibat atap Genting bukan Metal "ucapnya.

Sementara itu, Aiptu Lili Somantri Kanit Reskrim Polsek Kecamatan Bojong, membenarkan adanya bangunan SDN 1 Cileunca yang dananya dari APBN itu mengalami ambruk pada bagian atap ruangan. 

Faktor yang disebabkan disengaja atau tidaknya, masih dalam proses penyelidikan dan pengembangan pihak kepolisian.

"Aparat Kepolisian Sektor Bojong yang menangani perkara itu, dan kini sudah dipasang garis polisi di sekitar lokasi ambruknya bangunan tersebut" kata Lil.

Laporan : Mnjn
Editor : Moel

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads