Petugas LP Dites Urine dan Temukan Senjata Tajam di Lapas Purwakarta

Kepala Lapas 2B Purwakarta, Suprapto saat akan melakukan tes urine kepada petugas LP -
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Kabupaten Purwakarta melakukan razia terhadap ratusan narapidana dan berhasil menemukan beberapa senjata tajam serta puluhan handphone di area LP lalu dimusnahkan, Jumat (11/10/2019). 

"Barang bukti yang kita musnahkan 30 buah handphone, 30 buah Charger, 15 buah sendok stainless, 7 buah gunting dan 8 buah pisau cutter," ungkap Kepala LP Kelas II B Purwakarta, Suprapto.

Puluhan barang bukti itu ditemukan di atas plafon, bawah bantal para penghuni lapas. Suprapto mengaku pihaknya kecolongan dari pengawasannya, dikarenakan keterbatasan petugas LP yang hanya 81 orang.

"Saat ini penghuni lapas Purwakarta ini ada kurang lebih 500 dan petugas seluruhnya 81 orang. Jadi satu petugas mengawasi 50 napi, nah itu lah kami kewalahan," katanya.

Selain itu, sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, petugas LP dilakukan tes urine bekerjasama dengan Polres Purwakarta.

"Ada 75 petugas yang menjalani tes urine dari targetkan 81 petugas, namun enam di antaranya tidak hadir karena sakit, izin cuti, dan lepas dinas karena piket malam,” ujarnya. 

Menurutnya, pelaksanaan tes urine itu untuk memastikan petugas tidak mengkonsumsi narkoba. Dan jika petugas terbukti positif narkoba maka pihaknya tidak segan-segan melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib.

"Untuk sanksinya, kami serahkan ke pimpinan. Alhmadulilah tadi semua hasilnya negatif. Tes urine dilakukan dalam rangka menyambut Hari Dharma Karyadhika ke 74 Tahun 2019," ujarnya. []

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads