Kembangkan Desa Mandiri, Bumdes Sukamaju Programkan Pegadaian dan Sewa Alat Resepsi Pernikahan

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Dalam rangka mengembangkan Pendapatan Asli Desa, Badan Usaha MIlik Desa (BUMDes) Sukamaju, Kecamatan Sukatani, melakukan program penyediaan sewa perlengkapan dan alat tenda untuk resepsi pernikahan, khitanan dan acara lainnya. 

Masyarakat Sukamaju atau diluar desa boleh menyewa alat-alat tersebut dengan harga sewanya dijamin terjangkau, lebih murah daripada di tempat lain.

Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Sukatani Ayi Kodariah melalui Sekretaris Desa Ace Abdul Aziz Muslim mengatakan, inisiatif penyediaan sewa alat tenda tersebut berdasarkan kesepakatan bersama dengan modal awal Rp85 juta. 

“Berangkat dari potensi peluang yang cukup menarik dan hasil musyarwarah semua pihak kita buat BUMDes dengan sewa perlengkapan alat pesta dan pegadaian dengan modal sebesar Rp85 juta,” ujarnya, seperti dikutip dari radarkarawang. Rabu, (13/11/2019)

Adapun tujuan dari adanya program tersebut, selain memanfaatkan peluang penerimaan pendapatan anggaran desa, juga mempermudah warganya yang akan menggelar sejumlah acara atau hajatan. 

Dengan harga yang cukup terjangkau, berharap masyarakat desanya bisa lebih terbantu dan menjawab setiap warga yang membutuhkannya.

“Tentunya harga yang kita berikan relatif lebih murah dari tempat sewa alat pesta di tempat lain. Tujuanya masyarakat terbantu dengan adanya BUMdes ini. Selain itu, juga bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PAD),” katanya.

Sementara untuk BUMDES Pegadaian sendiri kata Sekdes, bertujuan untuk memudahkan masyarakat khususnya bagi mereka yang ingin mendapatkan dana cepat. 

“Syaratnya hampir sama dengan pegadaian yang ada,” ujarnya.

Disinggung berapa pendapatan selama berdiri sekdes tidak menjelaskan secara rinci. Hanya saja, hasilnya untuk honorarium anggota dan pengembangan BUMDes tersebut. 

“Untuk hasil sendiri belum maksimal, hanya saja dengan adanya BUMDes ini masyarakat desa Sukamaju cukup terbantu,” ujarnya. (rk/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads