Jumlah Wisatawan di Purwakarta Tak Capai Target, Berikut Faktornya

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta nampaknya masih kesulitan terkait pencapaian target wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta. Terbukti dalam catatan dua tahun terakhir ini, jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Purwakarta masih belum mencapai target.

Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta mencatat, sepanjang tahun 2018 jumlah wisatawan hanya berada di angka 2,3 juta dari target yang semestinya 2,8 juta wisatawan.

"Pada 2019 lalu, target kami 4 juta tapi hanya terealisasi 2,8 juta wisatawan. Sebenarnya kalau dilihat kunjungan naik dari 2,3 juta ke 2,8 juta, hanya capaian target tak memenuhi terus," ujar Kepala Seksi Promosi Wisata Daerah Disporaparbud Purwakarta, Acep Yulimulya, Minggu (5/1/2020) di Purwakarta.

Target yang dicanangkan Disporaparbud untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak tak terpenuhi dengan alasan banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Diantara faktor itu tidak beroperasinya Taman Air Mancur Sri Baduga, dikarenakan debit air Situ Buleud yang masih menyusut, akibat musim kemarau panjang.

"Sri Baduga ini penyumbang kunjungan wisatawan di kami. Tapi saat kemarau datang, terpaksa berhenti tak beroperasi," ujarnya.

Namun ia meyakini, jumlah wisatawan ke Kabupaten Purwakarta dipastikan dapat terus naik setiap tahunnya. 

Ia juga mengatakan bahwa tahun 2020 ini, sejumlah tempat wisata bakal hadir di Purwakarta, semisal Taman Air Mancur Welas Asih di Tajug Gede Cilodong.

Tak hanya itu, Purwakarta masih miliki magnet untuk menarik para wisatawan yakni wisata Cikao Park dan sejumlah air terjun atau curug. ***

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER