Lapak Online Desa, Jadi Solusi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa?

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengharapkan setiap desa di Kabupaten Purwakarta untuk berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa (PED) DPMD Purwakarta, Asep Suparman, mengatakan bahwa pihaknya tengah bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta untuk mewujudkan pemberdayaan ekonomi melalui Lapak Online (E-Commerce) di tiap desa.

“Lapak online merupakan program Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk memajukan desa, memberikan solusi bagi masyarakat yang akan memasarkan produk serta mengaktifkan peran dari Bumdes,” terang Asep kepada wartawan, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya, setiap desa yang ada di Kabupaten Purwakarta didorong untuk memiliki fasilitas internet sebagai investasi digital. 

Sementara untuk fasilitas digital (lapak online) baru ada 45 desa dari jumlah keseluruhan desa-desa yang ada di Purwakarta. Oleh sebab itu, pihaknya menyarankan agar pemerintah desa melakukan pengadaan fasilitas internet sebagai investasi digital penunjang perkembangan ekonomi (lapak online) melaui dana desa.

“Program ini harus didukung oleh stakeholder, agar pemberdayaan ekonomi desa bisa berjalan optimal,” ucapnya.

Namun, lanjut Asep, saat ini program tersebut masih terkendala dengan anggaran. Pasalnya anggaran untuk pembinaan BUMDES belum turun. (rmol/jto/ab)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER