Angin Topan Terjang Puluhan Rumah Warga di Purwakarta

Warga dan aparat kepolisian bergotong royong memperbaiki rumah terdampak angin topan -
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Sejumlah rumah di dwilayah Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung pada Sabtu (15/2/2020) seore. 

Kerusakan rumah warga ini terutama di bagian genting dan atap yang terbang dihantam angin kencang.

"Angin kencang terjadi di 2 RW, mulai dari RT 2 sampai RT 6, Mayoritas kerusakan pada atapnya, yang paling parah hanya ini aja atapnya roboh", ucap Kepala Desa Wanawali, Edin saat ditemui awak media ketika tengah gotong royong memperbaiki rumah warga yang roboh, Minggu (16/02/2020).

Pasca insiden tersebut, warga di Desa Wanawali bergotong royong membersihkan puing bangunan yang masih berserakan dan berupaya kembali memperbaiki rumah warga yang rusak. 

Bahkan saking kencangnya terjangan angin juga menumbangkan sejumlah pepohonan yang menimpa rumah milik warga.

"Ada pohon durian, pohon rambutan yang sudah besar atau sudah tua itu roboh, kalo yang menimpa rumah Alhamdulillah pohonnya relatif kecil jadi tidak merusak berat rumahnya", ucap Kades.

Berdasarkan data sementara lebih dari 25 rumah warga mengalami kerusakan berat hingga ringan yang tersebar di dua RW dalam satu wilayah yakni di Desa Wanawali.

"Saya pulang dari serang (Sawah) rumah udah kayak gini bentuk anginnya lurus tidak memutar, alhamdulillah gak ada korban", ujar Asep Warga yang rumahnya rusak.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun kerugian warga mencapai jutaan rupiah untuk membeli material dan memperbaiki kembali rumah mereka yang rusak.

Sementara itu, aparat kepolisian setempat pun ikut serta melakukan kerja bakti tanggap bencana ke rumah-rumah warga yang terdampak bencana.

Selain bersih-bersih, dan membantu memperbaiki rumah yang rusak, pihak kepolisian juga memulihan semangat warga terdampak.

Kapolsek Cibatu, AKP Ali Murtadho, melalui Paur Humas Polres Purwakarta, Ipda Tini Yutini mengatakan, usai mendapatkan laporan, jajaran Polsek Cibatu Polres Purwakarta, langsung mendatangi lokasi yang terdampak.

“Usai melakukan pendataan, anggota kepolisian juga membantu warga untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung,” kata Ipda Tini, kepada awak media, Minggu (16/2/2020). 

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER