DMI Purwakarta : Masjid Sebagai Power Pemersatu Umat di Segala Bidang

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Sejumlah Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) tingkat Kecamatan se-Kabupaten Purwakarta resmi dilantik di Gedung Yudistira, Purwakarta. Selasa (10/03/2020).

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Purwakarta KH. Drs. Nana Suryana, MA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan pengurus DMI Kecamatan se-Kabupaten Purwakarta ini merupakan langkah awal dari strategi DMI dalam menjalankan tugas dan fungsi masjid sebagai power pemerstu umat.

"Masjid merupakan power pemersatu umat di segala bidang, baik politik, sosial, budaya, ekonomi. Untuk itu, kami berharap setelah pelantikan ini, pengurus DMI yang baru, dapat menjalankan fungsi masjid dan amanah sebagaimana mestinya," tuturnya.

Dengan adanya masjid, umat Islam akan terbina dan terarah kepada suatu yang diharapkan, yakni tegaknya akidah dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta menjadi kabupaten baldatun toyibah. 

"Kami melimpahkan wewenang kepada DMI kecamatan untuk memimpin dan membina umat agar terciptanya kedamaian, berdakwah sesuai dengan nilai-nilai agama dan bangsa, " jelasnya.

Dijelaskannya, bahwa masjid makmur dengan semangat ibadah yang ikhlas dan sabar, oleh sebab itu Islam harus memberikan solusi untuk kepentingan masyarakat banyak khususnya di kabupaten Purwakarta.

Sementara itu, di tempat yang sama Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya pengurus DMI baru, ia pun mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk memanfaatkan masjid sebaik-baiknya. Bahwa peranan masjid begitu sentral dalam mengembangkan intelektual dan meningkatkan muamalah serta pendidikan masyarakat.

"Pemerintah daerah mengajak kepada seluruh elemen masyarakat purwakarta, pengurus DMI khusunya, agar tidak memanfaatkan masjid sebagai tempat ibadah saja, tetapi sebagai pengembangan dan pemberdayaan umat, sehingga dengan adanya masjid dapat mempersatukan umat," katanya. (jto/m)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER