Kemenag Purwakarta Tutup Pendaftaran Akad Nikah Tatap Muka

Kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Dampak dari pandemi virus corona (Covid-19) membuat beberapa layanan instansi pemerintahan di kabupaten Purwakarta ditutup, hal tersebut dilakukan mengingat masih berlakunya tanggap Covid-19.

Seperti yang dilakukan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta, menutup sementara pendaftaran akad pernikahan tatap muka di semua Kantor Urusan Agama (KUA), terhitung dari 1 April 2020 lalu.

"Jadi, kami tutup pelayanan di semua KUA untuk sementara waktu," ujar Tedi Ahmad Junaedi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta kepada awak media, Senin (6/4/2020).

Namun untuk masyarakat Purwakarta yang sudah mendaftarkan sebelum tanggal 1 April 2020 masih tetap dilayani oleh petugas KUA dan pelaksanaan akad nikahnya hanya dilakukan di kantor KUA.

"Pelayanan akad nikah itu pun hanya akan dilaksanakan di KUA, sementara layanan di luar KUA ditiadakan," ujarnya.

Adapun untuk pendaftaran layanan pencatatan nikah masih tetap dibuka dengan mekanisme pendaftarannya tidak dengan tatap muka. Melainkan secara dalam jaringan (daring online) melalui website simkah.kemenag.go.id, dan akadnya tidak bisa dilangsunkan dalam masa darurat Covid-19.

Kebijakan ini, lanjut Tedi, merujuk pada Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Kemenag Nomor P003/DJ.lll/Hk.00.7/04/2020 tanggal 2 April 2020.

Untuk itu, Tedi berharap masyarakat bisa memahami dan menyesuaikan. Sebab, aturan ini dibuat dalam kondisi kedaruratan kesehatan karena pandemi Covid-19.

Meski demikian, kepada jajarannya di KUA, Tedi meminta tetap memberikan pelayanan konsultasi dan informasi kepada masyarakat secara daring (online). Termasuk, setiap KUA harus memberitahukan nomor kontak atau e-mail petugas, sehingga memudahkan masyarakat mengakses informasi.

"Adapun, pelaksanaan akad nikah secara online baik melalui telepon, video call, atau penggunaan aplikasi berbasis website lainnya tidak diperkenankan," tegasnya. (oz/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER