Upaya Pemkab Purwakarta Pulihkan Ekonomi Kreatif

PURWAKARTA,  Jatiluhuronline.com - Dampak adanya pandemi covid19 saat ini berimbas pada sistem perekonomian daerah, khususnya para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Purwakarta yang cukup signifikan. 

Namun demikian, usaha pemerintah dan masyarakat Purwakarta terus mengupayakan perekonomian di Purwakarta kembali normal. Hal inilah yang menjadi perhatian para pelaku ekonomi kreatif untuk terus melakukan inovasi-inovasi meskipun ditengah pandemi covid19, bahkan pemerintah setempat pun ikut andil dalam membantu para ekonomi kreatif ini sesuai dengan kebutuhan. 

“Kita sudah menyiapkan bantuan. Untuk sementara, untuk 30 pelaku ekonomi kreatif. Untuk bantuannya sendiri, itu disesuaikan dengan kebutuhan dan pengajuan mereka. Misalnya, perajin A, butuh alat A, ya kita bantu,” ujar Kasi Industri Pariwisata Ekonomi Kreatif Disporaparbud, Agus Fitradhona kepada awak media. 

Agus berharap, bantuan tersebut dapat menstabilkan para pelaku ekonomi kreatif khususnya di bidang pariwisata. 

Sementara itu, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, para pelaku ekonomi kreatif ini menjadi salah satu andalan di wilayahnya, untuk itu mereka harus diberi support agar perekonomian masyarakat terus berkembang. 

“Sektor pariwisata di kita sedang berkembang. Tentunya, ini akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Makanya, para pelaku ekonomi kreatif ini harus terus disupport,” jelas Anne.

Anne pun menjelaskan, bahwa saat ini masyarakat Purwakarta sudah cukup banyak melakukan inovasi khususnya di bidang pariwisata dan kuliner.

“Di kita itu sudah banyak ekonimi kreatif. Bahkan, di setiap wilayah sudah terdapat produk khas,” kata Anne.

Menurut Anne, di tahun 2021 pihaknya akan fokus pada penguatan ekonomi kerakyatan dan industri mandiri yang berwawasan lingkungan dengan penyediaan infrastruktur yang memadai. Dan untuk pemasarannya, akan memperluas centra UMKM sebagai pusat perbelanjaan hasil ekonomi kreatif, seperti galeri menong. 

“Galeri Menong, menjadi centra oleh-oleh khas Purwakarta. Jadi, nanti wisatawan atau pengunjung tak perlu bingung kalau nyari oleh-oleh. Datang saja ke Galeri menong,” ujar Anne. (ADV)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Upaya Pemkab Purwakarta Pulihkan Ekonomi Kreatif"

Posting Komentar