Eceng Gondok Jebak Wisatawan di Danau Jatiluhur


Purwakarta, Jatiluhuronline.com
- Sebanyak 23 orang wisatawan yang sedang berlibur terjebak di perairan danau Jatiluhur Purwakarta. Minggu (17/10)

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, para korban sedang berlibur ke Waduk Jatiluhur menggunakan perahu jukung.

"Namun perahu terjebak di tengah waduk karena tertutup eceng gondok, sehingga tidak bisa kembali ke daratan dan membutuhkan evakuasi," katanya melalui siaran tertulis, Minggu (17/10).

Menerima laporan tersebut Kantor SAR Bandung langsung memberangkatkan satu tim rescue menuju lokasi kejadian pada pukul 20.35 WIB setelah berkoordinasi dengan potensi SAR dan pelapor. 

Tim di lengkapi dengan 1 Unit Rescue Carrier, 1 Truck Personil, 2 Set Palsar Air, 1 Set Peralatan Alkom, 2 Set Peralatan Medis dan APD Personal. 

Hingga pukul 21.30 WIB tim masih dalam perjalanan menuju lokasi kejadian dengan estimasi tim tiba pada pukul 23.05 WIB.

Dievakuasi Tengah Malam

Senin (18/10) sekitar pukul 00.15 WIB, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seluruh warga yang terjebak di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, dalam keadaan selamat. Selanjutnya dilakukan pendataan dan seluruh korban kembali ke rumah masing-masing.

Dengan telah berhasilnya evakuasi korban, maka pada pukul 00.45 WIB evakuasi dinyatakan selesai dan dilakukan penutupan Ops SAR, Unsur SAR kembali ke kesatuan masing-masing.

Adapun jumlah korban yang sempat terjebak di waduk tersebut sebanyak 23 orang, terdiri atas balita 1 orang, anak-anak 3 orang, lansia 2 orang, perempuan dewasa 2 orang, dan laki-laki dewasa 15 orang.

Adapun unsur SAR yang terlibat terdiri dari Kantor SAR Bandung, Polairud Jatiluhur, Koramil Jatiluhur, Dishub Jatiluhur, Damkar Purwakarta, KRI Purwakarta dan Nelayan Jatiluhur. (trb/jto)


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Eceng Gondok Jebak Wisatawan di Danau Jatiluhur"

Posting Komentar