Menyongsong Pemilu, KPU Programkan Webinar Destinasi

Purwakarta, Jatiluhuronline - KPU Kabupaten Purwakarta, siap menyongsong Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Hal tersebut muncul dalam webinar dengan tajuk DESTINASI (Demokrasi Tina Diskusi), yang dilaksanakan Kamis, (14/10/2021). Salah satu edisi pertama dari webinar destinasi, yang merupakan program sosialisasi dan pendidikan pemilih berkelanjutan di lingkungan KPU Kabupaten Purwakarta.

Pendidikan Pemilih berkelanjutan yang diselenggarakan secara daring tersebut, mengambil tema "Menakar Kesiapan Pemerintah dalam Menyongsong Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024".  Dengan Narasumber yang dihadirkan, adalah representasi stake holders pemilu dan pemilihan di daerah.

Dr. Idham Holik, M.Si (Anggota KPU Provinsi Jawa Barat), Sri Puji Utami (Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Purwakarta), Hidayat, S. Th. I (Anggota Banggar DPRD Kabupaten Purwakarta, Drs. Totong Hidayat, M. Si (Kepala Kesbangpol Kabupaten Purwakarta), dan Ujang Abidin, S. PdI, M. Ud (Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta).

Pelaksanaan kegiatan Webinar DESTINASI tersebut, cukup mengundang antusiasme masyarakat Purwakarta. Terbukti dengan banyaknya partisipan yang hadir dalam diskusi tersebut, ercatat 183 partisipan aktif mengikuti webinar ini. 

Dengan latar belakang keadiran yang cukup beragam, dari mulai pimpinan partai politik, pegiat media, mahasiswa, guru PKN SLTA, aktivis ormas OKP, dan Organisasi Perangkat Daerah.

Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ihsan Fathurrahman, dalam sambutannya mengatakan. Bahwa KPU Purwakarta, sejak jauh-jauh hari sudah mengingatkan kepada Pemerintah Daerah. Terkait pentingnya keseriusan daerah, mempersiapkan segala hal dalam menyongsong pemilu dan pemilihan Tahun 2024. 

"Salah satu indikator kesiapan, adalah jaminan akan kesiapan APBD dalam mengakomodir penganggaran pemilihan. Refocusing APBD untuk penanganan covid-19 selama ini, harus menjadi bahan pertimbangan atas perlu atau tidaknya pemerintah daerah menabung untuk membiayai pemilihan dalam beberapa tahun anggaran." Ungkapnya

Dijelaskannya, makna menabung tersebut yaitu mencadangkan anggaran pemilu dalam pos dana cadangan. Namun demikian untuk menuju ke arah sana, perlu ada landasan hukumnya, yaitu PERDA DANA CADANGAN. 

"Mudah mudahan dalam waktu dekat, hal itu bisa terwujud." Imbuh Ahmad Ihsan.

Kegiatan Webinar Destinasi tersebut, akan dilaksanakan setiap bulan oleh KPU Kabupaten Purwakarta. Sebagai komitmennya, dalam melaksanakan program sosialisasi pendidikan pemilih berkelanjutan. (Rta/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Menyongsong Pemilu, KPU Programkan Webinar Destinasi"

Posting Komentar