Panwaslih Gelar MoU, Dan Pengawasan Partisipasif

Jatiluhuronline, Bireun - Panwaslih Provinsi Aceh dan Panwaslih Kabupaten Bireuen tandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Universitas Almuslim Bireuen, terkait pengawasan partisipatif. Yang melibatkan penyelenggara pemilu, juga kalangan universitas. Kegiatan yang digelar Kamis (07/10/2021) siang tersebut, berlangsung di Aula MA Jangka Peusangan.

Acara penandatanganan tersebut dihadiri Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Provinsi Aceh, Marini, Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky E dan Rektor Universitas Almuslim, Dr. Marwan.

Ketua Panwaslih Kabupaten Bireuen, Wildan Zacky E, dalam sambutannya mengatakan. Bahwa pengawasan partisipatif itu sebenarnya terbilang sederhana, namun tanpa kesadaran dari masyarakat tentunya mustahil terwujud.

“Kesadaran di sini, adalah peran masyarakat untuk melaporkan saja. Apabila mengetahui terjadinya pelanggaran pemilu kepada bawaslu, nanti pengawas yang akan menindak lanjuti." tegas Wildan.

Ditambahkan Wildan, peran masyarakat dan mahasiswa dalam hal ini, sangat urgen dalam menghadapi pemilu yang dijadwalkan secara serentak pada tahun 2024 mendatang.

“Ini yang pertama di Indonesia, tentunya membutuhkan peran besar. Tidak hanya bagi penyelenggara, namun juga masyarakat serta mahasiswa.” Imbuhnya.

Wildan menyebut, untuk Kabupaten Bireuen pada pemilu legislatif tahun 2019 lalu. Jumlah calon anggota legislatif, hampir mencapai 600 orang untuk memperebutkan 40 kursi.

Sementara itu Rektor Universitas Almuslim, Dr Marwan,  menyambut baik penandatanganan MoU yang baru saja dilakukan. Ia berharap, realisasi dari kesepakatan yang telah tertuang agar dapat dijalankan.

“Ini MoU kesekian kalinya yang kami lakukan, bahkan untuk universitas di Aceh. Almuslim menduduki peringkat pertama, universitas yang paling banyak menandatangani MoU.” jelasnya.

Disebutkan Marwan, pihaknya bukan hanya mengejar jumlah, namun realisasi dari butir isi MoU yang dilakukan.

Kegiatan tersebut selain penandatanganan MoU, juga dirangkai dengan sosialisasi pengawasan partisipatif. Yang mengundang puluhan mahasiswa, serta alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Kabupaten Bireuen. (Hendri/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Panwaslih Gelar MoU, Dan Pengawasan Partisipasif "

Posting Komentar