Delegasi Negara Rwanda Afrika Tengah, Kunjungi Desa Sukajaya Purwakarta

Jatiluhuronline, Purwakarta - Cara membangun desa hingga jumlah Desa maju dan Mandiri di Indonesia, terus meningkat jumlahnya. Dan terbentuknya BUMDes, untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa. Menarik perhatian Pemerintah Republik Rwanda, Afrika Tengah.

Teebukti sejumlah delegasi dari Pemerintah Republik Rwanda, bersama Kementrian Desa mendatangi Desa Sukajaya Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta, pada Rabu(11/10/2023). Karena ketertarikannya atas keberhasilan Desa Sukajaya menjadi Desa yang mandiri, terlebih  BUMDes Sukajaya yang berhasil menciptakan Pendapatan Asli Desa (PAD) guna menjadi penopang kesejahteraan.

Dalam acara Rwanda The World Bank Kemendesa tersebut, dihadiri beberapa tokoh penting, yakni unsur Muspika, Ketua DPC APDESI Kabupaten Purwakarta Tatang Taryana, para Kepala Desa se Kecamatan Sukatani, hingga perwakilan PJ Bupati Purwakarta beserta para tamu undangan lainnya.

Sehari pasca acara kunjungan delegasi Pemerintah Republik Rwanda, Kamis(12/10/2023) Kades Sukajaya, Nirwan Hermawan, kepada Jatiluhuronline menjelaskan. Intinya delegasi Rwanda yang datang ke Desa Sukajaya, bagaimana untuk meningkatan Ekonomi dengan cara meningkatkan Status Desa. 

Yang awalnya Desa tertinggal menjadi Desa Mandiri, hingga BUMDes untuk  meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Tak luput, dengan adanya kedatangan Delegasi Rwanda datang ke Desa Sukajaya,  berkat dukungan dari Ketua DPC Apdesi Kabupaten Purwakarta,Tatang Taryana.

"Harapannya, dengan datangnya tamu dari delegasi Rwanda ke Desa Sukajaya. Selain Desa Sukajaya menjadi dikenal, juga perputaran ekonomi Desa Sukajaya semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera."Ujar Nirwan

Nirwan juga menjelaskan, bahwa sebelumnya dalam dialog yang di lakukan delegasi Rwanda dengan pemdes Sukajaya. Sempat memberikan pertanyaan, diantaranya bagaimana caranya Desa Sukajaya  meningkatkan usaha BUMDes, membentuk Bumdes dan bagaimana caranya Desa Sukajaya menjadi desa Mandiri 

"Dalam pertanyaan yang di berikan oleh delegasi Rwanda pada kesempatan tersebut, bisa saya paparkan dan saya jelaskan sesuai dengan yang ada di Desa Sukajaya."Pungkas Nirwan. (***/DJ)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Delegasi Negara Rwanda Afrika Tengah, Kunjungi Desa Sukajaya Purwakarta"

Posting Komentar