Peringati Hari Bahasa Sedunia, Forum Guru Basa Sunda Purwakarta, Gelar Seminar

Jatiluhuronline, Purwakarta - Penetapan Tanggal 21 Februari oleh UNESCO, sebagai hari bahasa sedunia, ditindaklanjuti oleh Forum Guru Basa Sunda Kabupaten Purwakarta. Yang menggelar Seminar di Aula Yudistira komplek perkantoran Pemkab Purwakarta, Selasa(27/02/2024). 

Acara dalam rangka "Mieling Poe Basa  Indung sadunya" (Memperingati hari bahasa ibu internasional), dengan tema "Pentingna Miara Basa jeung Budaya Sunda Dina Kurikulum Sakola/Madrasah" itu. Bertujuan untuk Mengelola, Memelihara Bahasa dan Budaya Sunda. Terutama bagi Guru - guru Pengajar Sekolah, khususnya yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Yayan Mulyana, M.Pd Ketua Pelaksana kegiatan Seminar "Mieling Poe Basa  Indung sadunya"  menyampaikan. Bahwa
Kabupaten Purwakarta sudah mempunyai kurikulum mandiri, yaitu Kurikulum Bahasa Sunda Purwakarta. Mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP. Dan untuk SMA/SMK, sudah punya kebijakan tersendiri dari kewenangan Provinsi.

"Makanya, saya di sini punya gagasan. Untuk menyatukan Guru - guru yang ada di Kabupaten Purwakarta, lintas jenjang. DLam mewujudkan kurikulum Bahasa Sunda, untuk menindak lanjuti Kurikulum yang sudah ada dan dipelajari di sekolahnya masing masing. Supaya Bahasa Sunda di pakai dengan benar, di semua jenjang dan harus bisa menunjukan jati diri orang Sunda, sehingga bisa mengajarkan bahasa Sunda dengan baik dan benar."Jelas Yayan 

Perlu di ketahui, untuk Kabupaten Purwakarta  Perhatian dari Pemerintah Daerah sangat mendukung sekali, untuk Bahasa Sunda yang ada di Purwakarta. Karena payung hukum Kurikulumnya sudah ada, di Perbup No.75 Tahun 2023.

Hadir dalam Acara tersebut, Para Guru dari  PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA/SMK dan MA. Dengan Nara sumber dari Akademisi Jawa Barat, Prof, Dr, Ganjar Kurnia, DEA. Ada juga dari tokoh Budayawan Jawa Barat, H. Taufik Faturohman, dan dari Akademisi UPI Bandung, Ade Sutisna, M.Pd. (***/DJ)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Peringati Hari Bahasa Sedunia, Forum Guru Basa Sunda Purwakarta, Gelar Seminar"

Posting Komentar