Astaga, Jemaah Haji Indonesia Tersiksa Di Mina

Jatiluhuronline, Subang - Jemaah Indonesia musim Haji Tahun 2024, mengalami kejadian luar biasa yang membuat tersiksa. Bagaimana tidak, saat akan buang air besar di Mina, harus menahan sakit perut. Antrian panjang dan banyaknya jema'ah ditambah fasilitas toliet kurang menunjang, membuat suasana tambah parah.

Hal itu dialami dan diungkapkan Maulana Yusup (35), jema'ah Haji Kloter 10 Embarkasi Kertajati Asal Kabupaten Subang. Yang baru tiba Kamis (28/06/2024) jelang tengah malam, usai melaksanakan ibadah Haji 1445 H. Kepada Jatiluhuronline, ia berkenan membagi pengalaman dan kisahnya selama melaksanakan ibadah Haji.

"Coba saja bayangkan, toilet hanya 10 terbagi dua. Satu deret untuk mandi dan kencing, satu deret lagi khusus untuk buang air besar. Nah disaat buang air besar, perut sudah mules, susah keluar. Pas mau keluar, diluar pintu sudah digedor oleh jama'ah lainnya. Akhirnya terpaksa ditahan, dan keluar." Kata Maulana Yusup.

Ditambahkannya, belum lagi para lansia yang sudah kebelet buang air besar, salah masuk kamar. Seharusnya ke toilet untuk buang air besar, malah masuk ke kamar mandi dan buang air kecil. Akhirnya kotoran tumpah berserakan, pemandangan kotor dan jijik membuat mual dan hampir muntah. 

"Kalau tolietnya seperti di kita, semua disamakan bisa untuk buang air besar, kencing dan mandi. Mungkin tidak akan banyak jema'ah menahan sakit perut, yang akhirnya harus menunggu untuk segera sampai tiba di maktab." pungkas Maulana Yusup. (***/TCA)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Astaga, Jemaah Haji Indonesia Tersiksa Di Mina"

Posting Komentar

ads