Belum Selesaikan E-KTP, Warga Subang Berjubel Dikantor Disdukcapil


Subang, Jatiluhuronline - Ratusan orang dewasa dari berbagai penjuru, datang memenuhi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), di Jalan Sutoyo No. 50 Subang. Mayoritas warga yang datang ke kantor Disdukcapil, untuk pencetakan E-KTP. Tidak kurang warga yang menggerutu dan bersungut-sungut, pasalnya jauh-jauh datang dan pagi-pagi, tapi tidak kebagian nomor antrian. Padahal waktu baru menunjukan, pukul 08. 15 wib, 300 nomor antrian sudah habis.

Informasi yang dihimpun dilapangan, menyebutkan. Salah satu penyebab antrian dan berjubelnya warga ke kantor Disdukcapil Kabupaten Subang, karena orang yang akan cetak E-KTP harus datang langsung. Tidak seperti yang awal, mereka dicetak dan di distribusikan kepada warga melalui petugas kecamatan dan desa masing-masing. Meskipun, kadang datanya ada yang salah, dan untuk perbaikannya melalui petugas lapangan lagi.

“Satu hari cetak E-KTP bisa mencapai 600, dari pagi sampai malam. Bahkan pernah sampai subuh. Karena mesin pencetak hanya ada 4, itupun yang dipakai 2. Yang dua lagi cadangan, dengan penggunaan bergantian. Jam kerja saya sudah over, berangkat pagi pukul 08, pulang kadang subuh. Untuk menghindari penumpukan berkas, soalnya besok pagi sudah banyak lagi yang harus dicetak.” Kata Tatang, petugas operator pencetak E-KTP kepada Jatiluhuronline, Rabu (06/05) saat bertemu.

Pantauan di sekitar Kantor Disdukcapil Kabupaten Subang, hingga pukul 11. 15 wib, suasana masih ramai dan warga masih berkumpul disetiap penjuru. Petugas jaga parkirpun sampai kewalahan menertibkan kendaraan roda dua, disana-sini halaman kantor Disdukcapil terparkir penuh ratusan kendaraan roda dua tidak beraturan. Kecuali itu, kendaraan roda empat dan para pedagang tampak tertib ditempatnya masing-masing. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close