Ditinggal Kabur Pemilik Perusahaan, Karyawan PT. Dada Purwakarta Berdemo

Para aksi demonstran PT. Dada Purwakarta memadati jalan utama Sadang, Purwakarta-Cikampek. [phto/dns]
Purwakarta, Jatiluhuronline – Ribuan buruh pabrik Garment PT. Dada Sadang Purwakarta melakukan aksi unjuk rasa setelah diketahui perusahaan tersebut tidak beroperasi lagi dan pemilik perusahaannya diduga kabur ke negeri asalnya Korea. Aksi tersebut terjadi di depan pintu masuk gerbang utama Pabrik Garment samppai memadati area jalan utama Sadang-Cikampek.

“Bagaimana dengan nasib kami para pekerja, pemimpin perusahaan sudah lari ke negaranya,” kata salah seorang karyawan aksi saat dimintai keterangan oleh Jatiluhuronline.com, Rabu (31/10/2018).

Baca Juga :
Para aksi buruh ini menuntut, agar haknya segera dikembalikan yang selama ini pihak perusahaan selalu menangguhkan gaji para karyawannya, namun mereka bingung harus bagaimana karena pemilik perusahaan tersebut sudah tidak ada lagi di Indonesia. Diduga sudah direncanakan oleh pihak perusahaan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada para karyawan. 

“Gaji satu bulan, uang makan selama setahun, dan penangguhan gaji selama satu tahun juga belum di bayar. Bingung, nasib kami kini semakin tidak jelas, setelah tahu pemilik perusahaannya kabur,” ucapnya.

“Sebelumnya, tidak ada pemberitahuan kepada kami, ini sudah direncanakan pemilik perusahaan, karena pada hari senin dan selasa kami diliburkan,” kata seorang karyawan yang tidak mau disebutkan namanya dan sudah cukup lama bekerja di pabrik tersebut.

Baca Juga : 
Berdasarkan keterangan yang didapat dari warga sekitar, pintu gerbang utama pabrik sudah disegel sekitar pukul 02.30 WIB dini hari, dan terlihat hanya selembar pengumuman kertas saja yang terpampang di depan pintu tersebut. 

Aksi buruh ini, sempat memblokade jalan utama Sadang – Cikampek. Mereka turun ke jalan menuju pintu gerbang utama pabrik. Sehingga sepanjang jalan dari arah Purwakarta kota menuju ke arah Cikampek terjadi kemacetan total.

Baca Juga : 

Sementara itu, aparat kepolisian dari Satuan Satlantas Polres Purwakarta yang di pimpin Kasat Lantas AKP Ricky Adipratama SH, turun kejalan mengamankan aksi demontrasi tersebut.

Disela-sela penertiban lalu lintas, Kasat Lantas AKP Ricky Adipratama SH mengatakan, “Kami bersama Sat. Shabara terjun lansung untuk mengamankan aksi demontrasi karyawan ini" ucapnya.

Ricky menambahkan hasil dari negosiasi dengan koordinator aksi, akhirnya blokade jalan di buka sehingga arus lalu lintas kembali normal.

“Alhamdulillah setelah bernegosiasi dengan mereka, jalan normal kembali”, pungkasnya. (****/MM)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Ditinggal Kabur Pemilik Perusahaan, Karyawan PT. Dada Purwakarta Berdemo"

Posting Komentar