Purwakarta Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan dengan Finlandia

Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika saat menjamu Duta Besar Finlandia, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto. (09/11/2018)
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Purwakarta, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta jalin kerjasama dengan Finland of University. Menindaklanjuti hal tersebut Duta Besar Finlandia, Jari Sinkari dan Executive Vice President Finland of University, Pasi Kaskinen, melakukan kunjungan ke Kabupaten Purwakarta.

Kedatangan mereka diterima dan disambut langsung oleh Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika dan Wakil Bupati Purwakarta Haji Aming, di Bale Janaka, Sekretariat Daerah Purwakarta, Jumat (9/11/2018).

Bupati Anne mengatakan, kerjasama yang dibangun ini bertujuan untuk mengkolaborasikan pendidikan berkarakter di Purwakarta dengan pendidikan di negara Finlandia.

"Alhamdulillah, kini para penggiat dunia pendidikan di Purwakarta bisa belajar langsung pada Finlandia. Dalam segi pendidikan Finlandia diakui sebagai yang terbaik dunia," kata Anne.

Demi membangun serta meningkatkan mutu pendidikan di Purwakarta. Finlandia dan Pemerintah daerah terus membuka ruang kerjasama ini dengan konsep pendidikan karakter yang ada di Purwakarta. 

"Finlandia membuka diri untuk bersinergi dengan konsep pendidikan di Purwakarta, nanti ada kolaborasi pendidikan di Purwakarta dengan Finlandia," kata Ambu Anne.

Sementara itu, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari mengaku banyak tertarik dengan dunia pendidikan. Hal tersebut  karena kedua orang tuanya merupakan seorang guru.

Ia mengatakan, dirinya memulai pendidikan dengan belajar sejarah di negaranya.

"Saat membuka bukti-bukti sejarah Finlandia di abad pertengahan, terdapat cerita rakyat. Dimana kalau di negara lain tokoh pahlawannya merupakan seorang prajurit atau tentara, di Finlandia tokohnya seorang penyihir," ujarnya setelah di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, ia menambahkan, apa yang dipetik hari ini merupakan buah dari investasi pendidikan di Finlandia.

"Pada tahun 1800, Finlandia sebagai negara agrikultur yang miskin dan menderita karena perang. Sekarang negara saya sangat maju utamanya pendidikan. yang terjadi selama 100 tahun terakhir di Finlandia merupakan pembangunan investasi pendidikan besar-besaran. Sehingga prospek jangka panjang bisa dirasakan saat ini," pungkasnya.

Sementara itu, menurut Executive Vice Presiden Finland of University, Pasi Kaskinen menuturkan, kolaborasi pendidikan tersebut merupakan sebuah kehormatan karena karakter pendidikan di Purwakarta dengan di Finland University hampir sama.

"Setelah mengetahui konsepnya hampir sama, hanya saja di kita lebih ditekankan lagi, karena muara pendidikan adalah siswa," pungkasnya. (*/M)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close