Mengurangi Angka Kecelakaan di Purwakarta, Dibangun Kampung Tertib Lalu Lintas

Angota Satlantas Polres Purwakarta saat mengecat trotoar Perum Oesman Singawinata. [photo:Radar Karawang/dok]

Purwakarta, Jatiluhuronline.comMaraknya para pengendara yang masih kurang perhatian terhadap tertibnya lalu lintas menjadi problem bagi aparat pemerintah, tak terkecuali jajaran kepolisian yang senantiasa mengatur keamanan dan ketertiban bagi para pengguna kendaraan.

Saat ini, di Purwakarta ada satu tempat yang dijadikan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas, tepatnya di Perum Oesman Singawinata, Kelurahan Nagri Kaler, yang diprakarsai oleh aparat kepolisian Satlantas Polres Purwakarta.

Seperti dilansir Jatiluhuronline.com dari pojokjabar.com, kampung lalu lintas tersebut dibangun agar masyarakat dapat meningkatkan pentingnya kesadaran dalam berkendara tertib lalu lintas.

AKP Ricky Adipratama, selaku Kasat Lantas Polres Purwakarta beserta jajarannya tengah mempersiapkan pemasangan rambu-rambu lalu lintas di tempat itu.
“Fasilitas yang akan kita siapkan, yaitu merecovery trotoar, pemasangan rambu-rambu, membuat zebra cross, serta membangun taman lalu lintas lengkap dengan rambu-rambu mininya,” ujar Ricky, Sabtu (1/12/18).
Selain itu, ia mengatakan, pembangunan kampung tertib lalu lintas tersebut, bertujuan sebagai pembelajaran bagi anak-anak, para pelajar dan masyarakat Purwakarta. pihaknya berharap, dengan adanya kampung tertib lalu lintas, bisa memberikan informasi tentang pentingnya mentaati aturan lalu lintas, serta dapat mengurangi angka kecelakaan di Purwakarta.
“Dengan adanya taman lalu lintas ini, diharapkan mampu mengedukasi warga. Terutama, anak-anak supaya tidak melanggar aturan. Misalkan, ke depan tidak ada lagi anak atau pelajar yang membawa motor ke sekolah. Apalagi tanpa SIM dan helm,” katanya.
Pilihan Perum Oesman Singawinata dijadikan sebagai lokasi percontohan kampung tertib berlalu lintas, dinilai lokasinya strategis, dekat dengan kantor Polres Purwakarta, kesadaran tertib lalu lintas masyarakatnya sudah cukup bagus. Pihaknya akan terus mengupayakan pembangunan kampung tertib lalu lintas ini ke desa-desa atau kelurahan yang ada di Purwakarta.
“Ke depan, targetnya setiap desa dan kelurahan akan punya kampung percontohan tertib berlalu lintas,” ujarnya.
Sementara itu, Camat Purwakarta Yuddi Herdiana, sangat mengapresiasi gagasan aparat kepolisian ini, dengan adanya kampung tertib lalu lintas, masyarakat Purwakarta diharapkan bisa meningkatkan kesadaran berkendara tertib lalu lintas.
“Minimalnya, ketika warga hendak bepergian menggunakan motor, mereka selalu menggunakan helm SNI. Serta, tak lupa membawa SIM,” ujarnya. (***/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close