Donat Boyke Menjadi Produk Kuliner Alternatif UMKM Kota Bandung

Boyke M. Febrian -
Bandung, Jatiluhuronline.com - Donat Boyke, yang digagas Boyke Febrian Mohammad Calon Anggota Legislatif DPR-RI menjadi produk kuliner alternatif bagi masyarakat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bandung dan Cimahi.

Donat Boyke memiliki ciri khas tersendiri, karena dibuat dari kekayaan alam asli Jawa Barat, yaitu berbahan baku ubi cilembu dan ubi ungu.

Selama masa kampanye, Boyke yang merupakan caleg Partai Golkar ini, menjadikan workshop UMKM Donat Boyke sebagai media menarik dan kreatif dalam memajukan usaha masyarakat yang mandiri.

"Masyarakat membutuhkan konsep kampanye yang menarik dan kreatif, tidak hanya janji melulu. Oleh karenanya calon wakil rakyat harus memberikan nuansa baru dalam berkampanye. Donat Boyke yang digagas ini semoga bisa menjadi lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat. Itulah fungsi dari wakil rakyat," kata Boyke, kepada redaksi, Jumat (22/2).

Saat ini, Donat Boyke telah menghasilkan 50 pengusaha baru di bidang kuliner. Sehingga peningkatan ekonomi kreatif lahir dari rumahan, dan lapangan kerja baru terus diciptakan dari proses politiknya.

"Alhamdulillah workshop UMKM bisa menghasilkan para pengusaha baru. Mereka berasal di berbagai daerah. Ada yang dari kecamatan buah batu, regol, bandung kidul, andir, cimahi tengah, cimahi selatan, dan daerah lainnya. Mereka berwirausaha donat boyke yang dijual di media sosial ataupun yang lain, dan mereka hanya tinggal menggoreng, memberi toping, dan menjualnya. Karena bahan baku nya dari saya," jelas Boyke, yang maju di dapil I Jabar (Kota Bandung-Cimahi).

Sementara itu, salah satu penjual Donat Boyke Dewi Anjani (40) mengatakan, cara untuk memikat hati masyarakat dalam kontestasi politik hari ini haruslah dilakukan dengan cara kreatif. 

Dewi mengatakan, saat ini sudah selayaknya wakil rakyat harus menciptakan solusi konkret dari permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yaitu peningkatan ekonomi, dan Donat Boyke menjadi bagian dari solusinya.

Dengan jualan usaha Donat Boyke, kata Dewi, ia lebih terbantu dalam mencukupi kebutuhan serta menjadi peluang menciptakan lapangan kerja baru.

"Pa Boyke sebagai wakil rakyat sudah sangat pas dan cocok. Karena yang dibutuhkan masyarakat ayeuna (hari ini), mengenai lapangan pekerjaan. Setelah saya mencoba untuk berjualan Donat Boyke alhamdulillah ada uang tambahan yang didapat dari penjualan itu," ujar Dewi. (MM)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER