Simping Plered, Oleh-oleh Makanan Khas Purwakarta

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Simping merupakan salah satu makanan khas kota Purwakarta, bentuknya bulat tipis dan memiliki aneka rasa.

Bagi warga Purwakarta, simping sudah menjadi makanan yang tak asing ditelinga, khususnya bagi warga kecamatan Plered dan sekitarnya tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kota Purwakarta untuk memperoleh oleh-oleh khas Purwakarta ini, karena ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Cibogohilir telah memproduksi simping sejak dua tahun terakhir.

Ketua PKK Desa Cibogogilir Kecamatan Plered, Lilah Rosidah mengatakan bahwa produksi simping ini berawal dari sejak mengikuti pelatihan dari Balai Kepelatihan Kerja (BLK) pada tahun 2017 dibawah binaan BUMDES.

"Produksi simping ini di bawah binaan Badan Usaha Milik Desa (BumDes)," ujar Lilah. Sabtu, (11/5/2019).

Simping ini diproduksi menggunakan percetakan yang terbuat dari besi yang di simpan diatas api dengan delapan pilihan rasa, yaitu keju, ubi, pedas, pandan, wijan, kelapa, kacang dan kencur.

Setelah itu, kemudian dikemas dan diberi tanda nama sesuai rasa serta nama merk.

"Dari delapan rasa yang paling diminati yaitu rasa kencur," kata Lilah.

Lilah mengaku, saat ini banyak yang memesan simpingnya, apalagi menjelang lebaran jumlah pesanan meningkat dari biasanya.

"Kami menyediakan dua kemasan pilihan harga, yaitu Rp10.000 dan Rp5.000, setiap bulan kami berhasil menjual sekitar 500 bungkus simping dari ke dua harga tersebut," ucap Lilah.

Selain itu, Lilah akan mengembangkan usaha lainnya, diantaranya yaitu kue basah yang saat ini masih tahap perencanaan.

Ia percaya dengan usahanya itu dapat membantu meningkatkan nilai perekonomian khususnya bagi masyarakat Purwakarta.

"Pengembangan usaha seperti ini sangat membantu terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, maka kami akan terus berinovasi disamping pengelolaan simping yang telah berkembang saat ini," katanya. (MM)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER