Disporaparbud Purwakarta Himbau Pemilik Wisata Asuransikan Pengunjung

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Adanya insiden kecelakaan yang terjadi baru-baru ini di sebagian tempat wisata di Purwakarta menjadi bahan perhatian khusus pemerintah daerah terhadap para pemilik objek wisata agar senantiasa menjaga keselamatan dan keamanan para wisatawan yang datang.

Kepala Disporaparbud Purwakarta Agus Hasan mengatakan, hingga saat ini, pihak pengelola wisata yang ada di Purwakarta dipastikan belum ada yang bekerjasama dengan pihak asuransi.

Untuk itu, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) kabupaten Purwakarta menghimbau kepada pihak pengelola untuk melakukan kerjasama dengan jasa asuransi demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

“Belum ada, tapi mudah-mudahan diluar pengetahuan kami mereka telah melakukan apa yang kami sarankan,” ujar Agus Hasan, Senin (17/6/2019).

Himauan Kepala Disporaparbud Purwakarta itu disampaikan setelah adanya insiden dua wisatawan yang meninggal dunia karena tenggelam di kolam renang Alamsari Wates Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta.

“Belajar dari pengalaman itu, kami sarankan kembali untuk semua objek wisata agar bekerjasama dengan pihak asuransi dan juga menyediakan petugas keselamatan,” ujar Agus Hasan.

Menurutnya setiap pengelola wisata wajib hukumnya menjamin keselamatan para pengunjung, sehingga kerjasama dengan asuransi salah satu solusi yang harus ditempuh bagi para pengelola objek wisata.

Bukan tidak mungkin, lanjut Agus, pengunjung mengalami hal di luar dugaan selama berada di objek wisata tersebut. 

“Sudah kami sampaikan kepada mereka agar bekerjasama dengan asuransi,” kata Agus Hasan. (pp/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER