Pemkab Purwakarta Khawatir Limbah Plastik Berdampak Buruk Bagi Lingkungan

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mulai mengkhawatirkan maraknya penggunaan plastik yang beredar di tengah masyarakat akan berdampak buruk bagi lingkungan.

Untuk itu, Pemkab Purwakarta mengingatkan kepada masyarakat terutama instansi pemerintahan (OPD) di Purwakarta untuk meminimalisir dan memanfaatkan limbah plastik sebagai bahan multiguna.

"Limbah plastik cukup mengkhwatirkan, maka saya dorong OPD untuk meminimalisir limbahnya dengan berbagai program," kata Anne, Sabtu (5/10/2019).

Saat ini, pemerintah telah melakukan upaya dan langkah strategis tentang penanggulangan limbah plastik ini melalui edukasi limbah plastik kepada masyarakat.

Seperti dari Dispangtan memanfaatkan area Taman Air Mancur Sri Baduga sebagai edukasi lingkungan melalui Urban Farming On The Road, Disdik kampanyekan daur ulang sampah plastik menjadi bahan multiguna kepada para siswa, dan DLH memaksimalkan masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan limbah plastik hingga penyediaan bank sampah. 

"Perlu dilakukan program yang massif dan upaya ini terus kita dorong demi terciptanya lingkungan yang sehat," kata Anne.

 Sementara itu, Kadisdik Purwakarta Purwanto mengatakan, selain memberikan edukasi kepada siswa tentang pemanfaatan limbah plastik, pihaknya juga mengadakan festival film selamatkan bumi kita dengan tujuan agar masyarakat sadar dalam pengurangan penggunaan plastik.

"Menyadarkan dan menanamkan memori dalam diri siswa dan guru serta masyarakat pentingnya mengurangi penggunaan sampah plastik, plastik perlu kita waspadai dan kurangi, sampahnya bisa dimanfaatkan sebagai daur ulang, bahkan siswa sudah ada yang bisa menghasilkan produk seperti pot atau wadah sampah," terang Purwanto. (ap/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads