Tahukah Anda, Di Tasikmalaya Musang Liar Dilindungi Warga

Jatiluhuronline, Kabupaten Tasikmalaya - Warga Desa Nanggewer Kecamatan Pager Ageung Kabupaten Tasikmalaya, lindungi Musang Luwak dari perburuan binatang liar. Karena mereka merasa di untungkan dengan kehadiran binatang tersebut, di wilayah tempat tinggalnya. 

Menurut Dede Mulyana (30), warga Kampung Nyalenghor Rt 001 Rw 002 Desa Nanggewer Kecamatan Pager Ageung Kabupaten Tasikmalaya, mengungkapkan. Kehadiran Musang Luwak dilingkungannya, selain menguntungkan para petani binatang tersebut tidak merusak tanaman.

"Petani yang diuntungkan dengan kehadiran Musang Luwak, karena banyak pohon aren dan kopi yang tumbuh subur. Berkat kotoran binatang Musang Luwak, yang sudah menghasilkan gula dan kopi secara turun temurun." Kata Dede, Kepada Jatiluhuronline, Kamis (27/06/2024) dilingkungan tempat tinggalnya.

Dijelaskan Dede, kalau ada orang mau berburu binatang liar di desanya, sebelum mencapai tempat tujuan. Terlebih dahulu di interogasi, agar jangan memburu atau menembak binatang Musang Luwak liar.  Karena selain kotorannya menguntungkan, binatang tersebut tidak merusak tanaman. 

"Kalau binatang liar lainnya, diperbolehkan. Dan kalau ada ketahuan memburu Musang Luwak liar, harus berurusan dengan warga. Terutama para petani gula, pemilik pohon aren dan kppi yang ada dikebunnya masing - masing." imbuh Dede.

Menurutnya pula, Pohon Aren yang tumbuh dan bagus hasilnya saat ini. Biji yang ditanamnya dulu, ditanam dari kotoran Musang Luwak liar. Kualitasnya jauh lebih baik, dibanding pohon yang ditanam dari hasil pembibitan petani. (***/TCA)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Tahukah Anda, Di Tasikmalaya Musang Liar Dilindungi Warga"

Posting Komentar

ads