Jumlah Peserta PKH Menurun, Peminjam Kredit Malah Meningkat

Subang, Jatiluhuronline - Data Administrasi Desa Cimayasari Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, yang terdaftar sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH) menurun tahun ini. Dari 84 KK penerima bantuan yang ada sejak tahun 2008, sekarang berkurang menjadi 60 KK.

Demikian disampaikan Kepala Desa Cimayasari, Suhendi, saat ditemui Jatiluhuronline diruangan kerjanya Senin (04/05). Dijelaskannya, peserta berkurang karena ada sebagian peserta  otomatis sudah tidak bisa menerima. Misalnya, ibu yang sudah meninggal, atau peserta pelajar siswa SLTP sudah selesai masa belajarnya.

“Yang bertambah jumlahnya, justeru kreditur bank. Terutama kreditur BRI, satu hari ini saja, saya menanda tangani Surat Keterangan Usaha (SKU) warga, lebih 5 orang. Kalau diperkirakan, jumlah peminjam uang ke bank, warga kami hampir 40% dari jumlah KK terdaftar.” Ungkap Suhendi

Informasi yang dihimpun dan hasil pantauan lapangan, terlihat jelas pendapatan warga perhari yang bergelut dengan pasir. Baik buruh muat bongkar, pengemudi angkutannya, maupun bandar pasir. Aktifitas perekonomian Desa Cimayasari, meningkat cukup tajam dari sebelumnya. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close