Jelang Pemilu 2019, ASN Harus Bersikap Netral dan Profesional

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - 
Menjelang pemilihan umum 2019, pemerintah kabupaten Purwakarta dan KPU menyelenggarakan pendidikan sosialisasi tentang tatacara pemilihan pada pemilu 2019 khusus bagi Aparatur Sipil Negara Eselon II, III dan IV, di Aula Yudhistira Purwakarta, Kamis (17/1/2019). 

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut, Sekretaris Daerah Purwakarta, Ketua KPUD dan Bawaslu Purwakarta.

Sekda Purwakarta, Iyus Permana mengatakan dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya sosialisasi pemilu 2019. 

“Semoga kegiatan ini memberikan edukasi dan nilai positif untuk kita semua,” ujar Iyus.

Ia pun mengatakan, pada Pemilu 2018 lalu, KPUD Purwakarta telah sukses menyelengarakan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan wakil Bupati Purwakarta, dengan tingkat partisifasi pemilih melebihi yang di targetkan, yaitu dari target partisifasi 78 persen menjadi 79,4 persen. Hasil capaian tersebut dikatakan Kabupaten Purwakarta menempati urutan ke tiga se-Jawa Barat setelah Sumedang dan Kota Cimahi.

Dalam acara sosialisasi ini diharapkan peserta sosialisasi dapat memberikan pemahaman kepada para staf ASN lainnya di ngkungannya masing-masing.  Iyus pun menghimbau kepada ASN Purwakarta untuk tetap bersikap netral dan profesional dalam penyelenggaraan pemilu 2019 nanti agar berjalan dengan tertib, aman dan sukses.

Menurutnya, apabila ditemukan ASN yang melanggar sikap dalam pemilu, maka Pemkab Purwakarta akan menyerahkan pada Panwaslu setelah itu baru akan diberikan sanksi atas pelanggaran ASN tersebut.

Sementara itu, Ketua KPUD Purwakarta Ahmad Ikhsan menyampaikan, para ASN perlu mengetahui tahapan yang sangat penting mengenai pemilu 17 April 2019 nanti. Menurutnya, terselenggaranya Pemilu bisa berjalan baik apabila ada beberapa pilar didalamnya yang bersinergi yaitu badan penyelengara dalam hal ini KPU, Bawaslu dan KPP. Kemudian adanya peserta calon legislatif dari suatu partai politik, adanya calon presiden dan calon wakil presiden.

Ia pun mengajak para ASN serta masyarakat Purwakarta, untuk tetap menjaga kedaulatan hak pilihnya masing-masing. 

“Mari bersama sama menjaga kedaulatan hak pilih di setiap diri kita. KPU akan senantiasa dan terus melayani setiap warga untuk tetap menggunakan hak pilihnya,” katanya. (***/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER