Maruf Amin Berharap Purwakarta Jadi Pusat Peradaban

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Kedatangan wakil presiden RI Ma'ruf Amin ke Purwakarta selain menghadiri rapat pleno PBNU di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, ia juga berkunjung ke beberapa tempat di Purwakarta seperti Tajug Gede Cilodong.

Ma'ruf Amin berharap pengurus Tajug Gede Cilodong Purwakarta membuat inovasi terkait program kegiatan untuk masyarakat Purwakarta, dengan tujuan agar tempat tersebut dijadikan sebagai pusat pembangunan sumber daya manusia dan dan pusat budaya.

"Ya supaya masyarakat di Purwakarta khususnya, bisa menjadi manusia yang kreatif, religius, dinamis, berjiwa gotong royong, serta santun,” katanya.

Ma'ruf Amain mengaku, diantara permasalahan bangsa Indonesia saat ini mulai hilangnya identitas bangsa dan sering menyalahkan orang lain. Untuk itu, masyarakat perlu menjaga komitmen untuk menjaga bangsa dan negara dari hilangnya identitas tersebut.

“Saya berpesan supaya pengurus DKM Tajug Gede Cilodong ini, bisa menjadikan masjid ini sebagai pusat peradaban. Pusat pembangunan SDM. Supaya, generasi penerus nanti tidak menjadi manusia yang lemah dan kehilangan identitasnya,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DKM Tajug Gede Cilodong, Dedi Mulyadi, mengatakan Tajug Gede Cilodong ini ke depannya akan jadi fasilitas multi fungsi.

Tak hanya sebagai tempat ibadah. Melainkan, akan jadi pusat studi peradaban. Mengingat ke depannya akan ada sembilan konten yang dibangun di areal ini.

“Sembilan konten ini, seperti Museum Islam Nusantara, perpustakaan digital, Museum Nyi Pohaci yang menyeritakan mengenai padi, museum bola, museum wayang yang terinspirasi dari Giri Harja, serta Museum Kasih Sayang yang terinspirasi dari Habibie-Ainun,” ujar Dedi. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads