Heboh, Temuan Belasan Ular Kobra di Purwakarta, Berikut Tips Agar Rumah Terhindar dari Ular Kobra

Tim reaksi cepat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta saat mengevakuasi belasan ular kobra di permukiman warga
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Memasuki musim penghujan, ular kobra berkeliaran menjadi ancaman hingga masuk ke pemukiman warga. Kasus yang teranyar ditemukannya belasan ular kobra di pemukiman warga Kabupaten Purwakarta.

Bahkan pihak Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Purwakarta sudah empat kali melakukan evakuasi terkait temuan ular kobra. Terakhir, petugas mengevakuasi ular kobra di rumah warga, tepatnya di Gang Lodaya RT 06 RW 01 Kampung Baru, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta.

Meski sudah beberapa kali melakukan evakuasi, pihak Damkar menduga masih ada satu induk ular kobra yang berkeliaran. Karena itu, warga pun masih khawatir dan dihantui keberadaan ular itu.

Pihak Damkar mengimbau, agar warga secepatnya melapor jika mendapati ada ular kobra berkeliara, apalagi sampai masuk rumah warga.

Sementara itu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) membagikan tips agar ular kobra tidak memasuki rumah Anda. 

Melansir dari cnnindonesia, berikut tips agar rumah kita terhindar dari ular kobra. 

Pertama, warga tidak membiarkan ada tumpukan barang seperti kardus, kain, daun atau apapun yang membuat kondisi lembab di sudut-sudut rumah.

Kedua, rumah setiap hari disapu dan dipel dengan pewangi dan diberikan kapur barus di beberapa sudut rumah.

Ketiga, rumah terbebas dari tikus. Tikus merupakan hewan yang disukai ular sebagai santapan. Fungsi ular sendiri, imbuh Amir, adalah untuk mengendalikan populasi tikus.

Keempat, agar tak ada tumpukan sampah di dalam rumah. Sampah harian lebih baik dikumpulkan dan ditempatkan di lokasi khusus yang berada di luar rumah.

Kelima, warga yang memiliki rumah dekat dengan sawah atau kebun untuk lebih ekstra hati-hati dengan membangun pagar khusus sebagai pengaman, misalnya pada saluran air di rumah dipasang saringan.

Keenam, berhati-hatilah ketika ular sudah ada di dalam rumah. Warga lebih baik menjaga jarak dan memanggil tenaga profesional atau keamanan untuk mengusir ular dari rumah. (cnn/tr/jto)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER